Apakah Pengertian Artefak?

artefak

Ada dua pengertian artefak yang paling umum, yaitu pengertian berdasarkan arkeologi dan pengertian berdasarkan teknologi khususnya pengembangan perangkat lunak. Namun secara umum pengertian Artefak adalah wujud karya fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya manusia berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan.

Istilah artefak (artifact atau artefact) secara etimologi berasal dari kombinasi dua kata Latin “arte” yang berarti “dengan keterampilan” dan “factum” yang berarti “membuat”.

Pengertian Artefak dalam Arkeologi

Secara umum pengertian artefak adalah semua benda peninggalan arkeologis yang dibuat manusia. Dengan demikian artefak merupakan benda arkeologi atau benda-benda menarik yang memiliki sejarah yang dihasilkan atau dimodifikasi oleh manusia untuk tujuan tertentu.

Artefak merupakan sesuatu karya manusia yang dibuat dengan keterampilan serta untuk tujuan tertentu. Misalkan: batu biasa yang digunakan untuk menumbuk bukanlah artefak, karena batu itu tidak dibuat oleh manusia untuk tujuannya. Berbeda dengan batu yang dipoles atau diukir untuk digunakan misalnya bagian dari ritual keagamaan, maka batu tersebut (dan biasanya memiliki nama) dapat dikatakan artefak.

Ada konsep penting dalam arkeologi tentang artefak yaitu merupakan sebuah benda yang dapat dipindahkan atau digerakkan oleh tangan manusia dengan mudah tanpa merusak atau menghancurkan bentuk aslinya. Dan biasanya artefak terbuat dari batu, tanah, logam, daun, kertas, kulit, tulang hingga tanduk binatang, seperti: gerabah, prasasti,  senjata-senjata logam (anak panah, mata panah dan lain-lain).

Apakah candi termasuk artefak?

Bangunan candi, kuil, makam atau artefaktual yang tidak dapat dilepaskan dari tempatnya, dalam arkeologi disebut fitur (feature). Pada situs arkeologi, jika gejala atau pertanda sisa aktivitas manusia tidak dapat dipindahkan kecuali harus membongkar dudukan atau “matriks”-nya, maka itu disebut fitur (feature). Sering kali orang menyebut artefak yang tidak bergerak.

Artefak dapat dikatakan juga sebagai wujud kebudayaan berupa karya manusia yang bernilai. Sehingga artefak merupakan benda yang bersejarah dan sangatlah penting untuk diletakkan di museum agar semua orang dapat melihat dan mempelajarinya.

Biasanya ketika menggunakan kata artefak, akan menggambarkan sesuatu yang dibuat dan digunakan untuk tujuan tertentu (bisanya menarik, memiliki budaya atau sejarah) di waktu yang jauh lebih awal (masa lalu). Artefak bisa sebagai pedoman atau basis pengetahuan dalam berbagai aspek, termasuk aspek kebudayaan.

Di Indonesia banyak ditemukan artefak mulai zaman prasejarah hingga zaman kerajaan-kerajaan Nusantara. Semua itu menjadi khazanah Nusantara yang harus dilestarikan.

Pengertian Artefak dalam Teknologi.

Meskipun jarang diketahui, namun dalam dunia teknologi, khususnya pengembangan perangkat lunak, terdapat istilah artefak juga.

Pengertian artefak (artifact atau artefact) adalah produk sampingan dari pengembangan perangkat lunak. Artefak merupakan segala sesuatu yang dibuat agar perangkat lunak dapat dikembangkan.

Artefak merupakan beberapa bagian terpenting dari perangkat lunak apa pun, mulai dari situs web hingga program yang lebih kompleks. Misalkan model data, diagram, script, dan kemungkinan daftarnya akan terus berlanjut.

Tanpa artefak yang dibuat dan disimpan dengan benar, proses pengembangan perangkat lunak akan menjadi  jauh  lebih melelahkan daripada yang seharusnya.

Sebagian besar perangkat lunak memiliki banyak artefak yang diperlukan untuk menjalankannya. Beberapa artefak menjelaskan bagaimana perangkat lunak seharusnya bekerja, sementara yang lain benar-benar memungkinkan program itu berjalan.


Artikel referensi terkait lainnya:


Mengapa Disebut Artefak?

Sama seperti dalam arkeologi. Selama penggalian arkeologi, setiap benda buatan manusia yang digali adalah artefak. Artefak ini membantu menentukan seperti apa gambaran peradaban masyarakat pada saat itu.

Demikian juga dalam teknologi. Artefak digital adalah produk manusia. Artefak dapat membantu pengembang lain melihat proses pemikiran di balik pengembangan perangkat lunak. Ini, pada gilirannya, membantu mengarahkan pengembang ke keputusan lebih lanjut dan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana melanjutkan.

Anda telah membaca artikel tentang "Apakah Pengertian Artefak?" yang telah dipublikasikan oleh Lentera Budaya. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *